Senin, 04 Maret 2013

Isolasi DNA Bawang Bombay dan Strawberi

Pembuatan Buffer Lisis

            Akuades yang telah disediakan diukur sebanyak 30 ml, masukkan ke dalam botol selai dan tambahkan dengan 1 sendok makan garam dapur, diaduk sampai garam larut. Kemudian tambahkan 2 sendok makan sunlight cair, diaduk perlahan agar tidak terbentuk busa pada larutan buffer.

Isolasi DNA Sederhana

           Bawang bombay (atau strawberi) diiris kecil-kecil, dimasukkan ke dalam mortal, ditambahkan buffer lisis yang telah di siapkan, gerus hingga halus. Setelah halus, dimasukkan ke dalam botol selai dan di panaskan selama kira-kira 10 menit sambil di aduk. Setelah itu larutan bawang di saring dengan kain kasa ke botol selai yang baru. Tuangkan larutan 20 ml alkohol absolut ke cawan petri. Kemudian tuangkan larutan bawang ke dalam cawan petri secara perlahan. Diamkan selama 15 menit dan amati perubahan yang terjadi.

Hasil

Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan diperoleh hasil  dari masing-masing sampel didapatkan DNA yang menggumpal setelah dimasukkan ke dalam alkohol absolut. Dimana dapat dilihat perbandingan kuantitas DNA keduanya. Larutan sampel yang telah di panaskan perlahan-lahan dari keruh menjadi jernih. Hal ini kemungkinan disebabkan DNA pada sampel yang masih bercampur dengan substansi lain pada sampel perlahan-lahan berpisah dengan DNA karena alkohol absolut dingin merenaturasi ikatan Hidrogen pada DNA dan melarutkan pengotor seperti protein dan senyawa metabolit sekunder lainnya. 

3 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya, saya sudah membacanya.
    Saya ingin bertanya, setelah pencampuran dengan alkohol adakah lapisan DNA yang diperoleh? dan berapa lapisan yang terbentuk?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. herbin@apps.ipb.ac.id
    herbin.student.ipb.ac.id
    saling berbagi :)

    BalasHapus
  3. teima kasih juga sudah membaca :)

    semoga bemanfaat

    lapisan yang dimaksud ini lapisan apa ya ?
    band DNA ?
    saya tidak menganalisis terlalu jauh kesana, Mas
    hanya isolasi DNA sederhana

    namun setelah diberi alkohol absolut dingin, setelah bebeapa menit terjadi gumpalan
    seperti pemisahan material dari ekstrak yang telah diperlakukan
    kemungkinan renaturasi ikatan hidogen (setelah pemanasan, di rendam dalam alkohol dingin)

    BalasHapus